info@fkip-umt.ac.id
info@fkip-umt.ac.id
Program Studi

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Ketua Program Studi
Evy Fitria, M.Pd.
NBM. 1228285

Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) merupakan sebuah jenjang pendidikan dimana lulusannya dapat berkontribusi secara langsung maupun tidak langsung di dunia pendidikan pra-sekolah.

Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) berdiri di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tangerang sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 184/E/O/2011 tentang penyelengaraan Program Studi PG PAUD (S1) pada Universitas Muhammadiyah Tangerang di Tangerang tertanggal 11 Agustus 2011, merupakan sebuah jenjang pendidikan dimana lulusannya dapat berkontribusi secara langsung maupun tidak langsung di dunia pendidikan pra-sekolah. Hal ini menjadi sebuah kiat dari program studi PG PAUD untuk mencetak lulusan sarjana yang mampu mengelola pembelajaran pada satuan PAUD, memimpin lembaga pendidikan PAUD (KB-TK-RA-SPS-TPA), serta mampu dapat meningkatkan kualitas lulusan PG PAUD berwawasan green industry.

Guna mencapai berbagai tujuan tersebut, PG PAUD FKIP UMT terus berinovasi, berkreasi, menjalin banyak kerja sama serta kolaborasi dengan berbagai pihak baik perorangan, kelompok, masyarakat hingga instansi lainnya dalam bentuk pengabdian masyarakat, pengadaan seminar dan webinar, serta kerja sama dalam bidang keilmuan berupa penulisan jurnal, buku maupun essay. Selain itu, PG PAUD FKIP UMT sudah menggunakan kurikulum KKNI yang terintegrasi dengan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dimana mahasiswa dapat belajar selama tiga semester di luar program studi guna meningkatkan kompetensi lulusan baik soft skils maupun hard skills yang relevan dengan kebutuhan zaman.

Terakreditasi B

7384/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XI/2020
0
Mahasiswa
0
Dosen Tetap

1:49

RASIO

VISI

Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini bertaraf internasional yang islami dan berwawasan green industry

MISI
TUJUAN
STRATEGI
  1. Menyelenggarakan pembelajaran di bidang PAUD bertaraf internasional yang berwawasan green industry.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang PAUD berdasarkan perkembangan IPTEK dan Seni Budaya bertaraf internasional yang berwawasan green industry.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang PAUD berdasarkan perkembangan IPTEK dan Seni budaya.
  4. Menciptakan suasana akademik Al-Islam Kemuhammadiyahan di lingkungan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.
  5. Menjalin kerjasama dengan lembaga nasional dan internasional dalam implementasi caturdharma yang berwawasan green industry.
  1. Menghasilkan sarjana pendidikan PGPAUD yang menguasai landasan tumbuh kembang anak dan strategi dalam pembelajaran AUD yang berwawasan green industry.
  2. Menghasilkan karya ilmiah di bidang PAUD yang memberikan kontribusi pada pengembangan keilmuan PAUD.
  3. Menghasilkan kegiatan dan karya dari Pengabdian kepada masyarakat yang dapat memberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat.
  4. Menghasilkan sarjana PG PAUD yang Islami.
  5. Menghasilkan MOU dan MOA berskala nasional dan internasional untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, penelitian dan pengabdian.
  1. Mengembangkan kurikulum PGPAUD berbasis KKNI yang sesuai dengan perkembangan IPTEKS yang berwawasan green industry.
  2. Mengembangkan hasil penelitian:
    a. Dosen melakukan penelitian di bidang PAUD berwawasan green industry.
    b. Mahasiswa melakukan penelitian di bidang PAUD berwawasan green industry.
    c. Dosen bersama mahasiswa melakukan penelitian tumbuh kembang anak dan pembelajaran PAUD yang berwawasan green industry.
    d. Mempublikasikan hasil penelitian melalui seminar dan jurnal skala nasional, dan internasional terindeks atau bereputasi.
    e. Mengintegrasikan hasil penelitian ke dalam perkuliahan.
  3. Mengembangkan kegiatan PKM:
    a. Dosen melakukan pelatihan dasar PGPAUD guna meningkatkan kemampuan dasar guru dan orang tua dalam melakukan stimulasi tumbuh kembang anak dengan belajar melalui bermain.
    a. Mahasiswa melakukan KKN dalam bentuk pengajaran melalui bermain.
    b. Dosen dan mahasiswa melakukan kegiatan pendampingan pada masyarakat untuk membantu meningkatkan kesadaran mengenai stunting, dan parenting.
    c. Mempublikasikan hasil PKM melalui seminar dan jurnal skala nasional dan internasional terindeks atau bereputasi.
    d. Mengintegrasikan hasil PKM ke dalam perkuliahan.
  4. Membentuk karakter yang islami melalui kegiatan baitul arqom, lazisma dan tahfiz.
  5. Meningkatkan kerjasama dengan:
    a. Berbagai ikatan, asosiasi, himpunan PAUD, seperti HIMPAUDI, IGRA, IGTK, BPTKII.
    b. Lembaga PAUD (TPA, KB, RA, TK) yang bertaraf nasional dan internasional.
    c. Universitas bertaraf nasional dan internasional.
    d. Dinas pendidikan kota, kabupaten, provinsi dan Kemendikbud Ristek.

Sebaran Mata Kuliah

Semester 1

101101 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3
101102 Bahasa Indonesia 2
101103 Bahasa Inggris 2
105201 AIK I Kemanusiaan dan Keimanan 2
202101 Ilmu Pendidikan 2
202103 Psikologi Pendidikan 2
342302 Pengantar Kurikulum 2
343301 Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini 2
343302 Pendidikan Anak Dalam Keluarga 2
343324 Ilmu Kesehatan dan Gizi 2

 

Semester 2

105202 AIK II Ibadah, Akhlak dan Muamalah 2
105207 Kewirausahaan 2
202102 Filsafat Pendidikan 2
202105 Manajemen Pendidikan 2
202106 Etika Profesi Keguruan 2
342301 Psikologi Perkembangan Peserta Didik 2
342304 Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini 3
343303 Assessment dan Permasalahan Anak Usia Dini  3
343304 Bahasa Inggris Anak Usia Dini Dasar 2
343325 Antropobiologi * 2

Semester 3

101104 Statistika 2
105203 AIK III Kemuhammadiyahan 2
202104 Bimbingan Konseling 2
204202 Magang I Observasi Guru 1
342305 Strategi Belajar Mengajar 2
343305 Bahasa Inggris Anak Usia Dini Lanjutan 2
343307 Metode Pengembangan Sosial Emosional 3
343308 Metode Pengembangan Motorik Halus 3
343309 Metode Pengembangan Jasmani 3
343326 Neurosains 2

Semester 4

105204 AIK IV Bahasa Arab 2
202107 Statistika Pendidikan 2
205101 Metode Penelitian Pendidikan 2
342303 Pengembangan Kurikulum Anak Usia Dini 2
343306 Bahasa Inggris Anak Usia Dini Akhir 2
343310 Metode Pengembangan Intelektual dan Perilaku 3
343312 Metode Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini 3
343316 Bermain dan Permainan 3
343327 Pembelajaran Sentra* 2

Semester 5

105205 AIK V Islam dan Ilmu Pengetahuan 2
204203 Magang II Pengembangan Perangkat Pembelajaran 1
205102 Penelitian Tindakan Kelas 2
205201 Teknologi Informasi dan Komunikasi 2
205202 Teater 2
342306 Evaluasi Pembelajaran 2
343311 Metode Pengembangan Matematika dan Sains 3
343317 Pengembangan Bakat dan Kreativitas Anak Usia Dini 3
343319 Seni Musik Anak Usia Dini 2
343328 Pendidikan Berkebutuhan Khusus* 2

 

Semester 6

105206 KKN 4
204201 Micro teaching 3
343314 Program Kegiatan Taman Penitipan Anak 2
343315 Program Kegiatan Kelompok Bermain 2
343321 Seni Rupa dan Kerajinan Tangan 3
343322 Kapita Selekta PAUD 2

Semester 7

202108 Seminar Proposal 2
204204 Magang III Asistensi Guru 2
343313 Program Pendidikan Taman Kanak-Kanak 2
343318 Manajemen PAUD 2
343320 Seni Tari Anak Usia Dini 3
343323 Komputer AUD* 3
343329 Parenting* 2

Semester 8

205103 Skripsi 6

Sebaran Mata Kuliah